Ilmu Sosial Dasar


Ilmu Sosial Dasar
Untuk Memenuhi Tugas Soft skill










Nama         : Nigina Friskila HiatulMaftuha
Kelas          : 1KB06
NPM          : 26113425








Universitas Gunadarma
Jl. KH Noer Ali Kalimalang Bekasi Telp. ( 021 ) 88860117


A.   Pengertian Ilmu Sosial Dasar

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilmu ada 2 pengertian :
1.      Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerapkan gejala-gejala di bidang ( pengetahuan tertentu )
2.      Ilmu adalah sebagai penegtahuan atau kepandaian tentang soal duniawi, akhirat, lahir, bathin, dan lain-lain)

Pengertian sosial menurut beberapa ahli adalah :
1.      Menurut Lewis, sosial adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan, dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya
2.      Menurut Philip Wexler, sosial adaalh sifat dasar dari setiap individu manusia)[2]

Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang mempelajari tentang masalah- masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang terjadi pada masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori-teori ( fakta, konsep, teori ) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-lapangan sosial, seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.
Dari pengertiantersebutdapatditarikkesimpulanbahwailmusosialdasaradalahpengetahuan yang mempelajaritentangcaramanusiaberkomunikasi/berhubungandengansatusama lain. Sebagaimahkluksosial, berkomunikasi/berhubunganantarsesamaharuslahterjalindenganharmonis agar terciptamanusia yang peduliterhadapsesama.)[3]

B.   Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

Ilmu sosial dasar mencakup masalah-masalah sosial yang timbul didalam sebuah masyarakat. Untuk menelaah masalah-masalah sosial tersebut hendaknya terlebih dahulu dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tersebut. Sehingga ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas tiga golongan beasar yaitu :
1.      Kenyataan-kenyataan sosial yang ada didalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2.      Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas pada ilmu sosial.
3.      Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan satu sama lain.[4]
Ilmu sosial dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok pembahasan. Dari kedelapan pokok pembahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1.      Berbagai masalah kependudukan dalam hubunganya dengan pengembangan masyarakat dan kebudayaan.
2.       Masalah Individu, keluarga dan masyarakat,
3.       Masalah pemuda dan sosialisasi,
4.      Masalah hubungan antara Warga Negara dan Negara,
5.       Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat,
6.      Masalah masyarakat perkotaan dan masalah pedesaan,
7.      Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi,
8.      Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan keserjahteraan masyarakat.[5]

C.   Unsur-unsur Yang Membangun Manusia

Sebenarnya ada banyak sekali unsur- unsur yang membangun manusia, namun dari sekian banyak unsur-unsur itu, di sederhanakan menjadi 2 klasifikasi. yaitu unsur jasmani dan unsur rohani.
Ada duapandangantentangunsur-unsur yang membangunmanusia :
1.            Manusiaituterdiriatasempatunsur yang salingberkaitan
a.       Jasad, yaitu badan kasar manusia yang nampak, dapat di lihat, dapat difoto, dan menempati ruang dan waktu;
b.      Hayat, yaitu mengandung unsur hidup yang ditandai dengan gerak;
c.       Ruh, yaitu bimbingan tuhan, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran
d.      Nafs, dalam pengertian diri atau keakuan yaitu kesadaran akan diri sendiri
2.            ManusiaSebagaiSatuKepribadianMengandungTigaUnsur :
a.       Id yang merupakanstrukturkepribadian yang paling primitifdan paling tidaktampak. Id merupakan libido murniatauenergipsikis yang menunjukkancirialami yang irrasionaldanterkaitdengan sex.
b.      Ego merupakanbagianataustrukturkepribadian yang pertama kali dibedakandari Id, berperanmenghubungkanenergi Id kedalamsaluransosial yang dapatdimengertioleh orang lain. Perkembangan ego terjadiantarausiasatudanuduatahun.
c.       Superego merupakanstrukturkepribadian yang paling akhir, munculkira-kirapadausia lima tahun. Dibandingkandengan id dan ego, superego yang berkembangsecara internal dalamdiriindividu, superego terbentukdarilingkunganeksternal.[6]
                                                                                                                            



D.   Pengertian Manusia

Secara bahasa manusia berasal dari kata “manu” (Sansekerta), “mens” (Latin), yang berarti berpikir, berakal budi atau makhluk ang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain). Secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, sebuah kelompok (genus) atau seorang individu. Manusia adalah mahluk yang luar biasa kompleks. Kita merupakan paduan antara mahluk material dan mahluk spiritual. Dinamika manusia tidak tinggal diam karena manusia sebagai dinamika selalu mengaktivisasikan dirinya.
Pengertian Manusia Menurut Para Ahli Berikut ini adalah pengertian dan definisi manusia menurut beberapa ahli:
1.      NICOLAUS D. & A. SUDIARJA Manusia adalah bhineka, tetapi tunggal. Bhineka karena ia adalah jasmani dan rohani akan tetapi tunggal karena jasmani dan rohani merupakan satu barang.
2.      PAULA J. C & JANET W. K Manusia adalah mahluk terbuka, bebas memilih makna dalam situasi, mengemban tanggung jawab atas keputusan yang hidup secara kontinu serta turut menyusun pola berhubungan dan unggul multidimensi dengan berbagai kemungkinan.
Manusia merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa sebagai khalifah dibumi dengan dibekali akal pikiran untuk berkarya dimuka bumi. Manusia memiliki perbedaan baik secara biologis maupun rohani. Secara biologis umumnya manusia dibedakan secara fisik sedangkan secara rohani manusia dibedakan berdasarkan kepercayaannya atau agama yang dianutnya. Kehidupan manusia sendiri sangatlah komplek, begitu pula hubungan yang terjadi pada manusia sangatlah luas. Hubungan tersebut dapat terjadi antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam, manusia dengan makhluk hidup yang ada di alam, dan manusia dengan Sang Pencipta. Setiap hubungan tersebut harus berjalan selaras dan seimbang. Selain itu manusia juga diciptakan dengan sesempurna penciptaan, dengan sebaik-baik bentuk yang dimiliki. Hal ini diisyaratkan dalam surat At- Tiin: 4 “Sesungguhnya kami Telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”.[7]
E.    Hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan Sistem Komputer
Hubungannya adalah sistem komputer merupakan alat untuk mempelajaritentangcaramanusiaberkomunikasi/berhubungandengansatusama lain, karena salah satu tujuan dari ilmu sosial dasar adalah memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat maka membutuhkan alat untuk melakukan tujuan itu, alat tersebut daalah komputer. Dengan kita belajar ilmu sosial dasar dalam jurusan sistem komputer maka mahasiswa dapat memahami masalah-masalah sosial yang kerap terjadi di masyarakat, jadi mahasiswa memperoleh ide / gagasan untuk menciptakan sesuatu yang berhubungan dengan komputer untuk menanggulangi masalah yang kerapa terjadi di lingkungan masyarakat.





























[1]parkjiyong.wordpress.com/2012/12/02/pengertian-ilmu-sosial-dasar/
[2]Parkjiyong.wordpress.com/2012/12/02/pengertian-ilmu-sosial-dasar/

[3] Parkjiyong.wordpress.com/2012/12/02/pengertian-ilmu-sosial-dasar/
[4]http://prabowo-womanizer.blogspot.com/2012/10/pengertian-ilmu-sosial-dasar.html?m=1

[5] http://prabowo-womenizer.blogspot.com/2012/10/pengertian-ilmu-sosial-dasar.html?m=1
[6] http://yodibegundal.blogspot.com/2011/04/unsur-unsur-yang-membangun-manusia.html?m=1
[7] http://kamelia11.wordpress.com/tag/pengertian-manusia-menurut-para-ahli/

0 komentar:



Posting Komentar