1. Pengertian Prinsip Usability
Pada mata kuliah interaksi manusia
dan komputer adalah suatu masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna.
Sistem akan bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh
pengguna sehingga semua kemampuan sistem dapat termanfaatkan secara maksimal.
Pada Prinsip Usability terdapat hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya :
a. Human Ability
b. Human Capabilities
c. Memori
d. Proses
e. Observations
f. Problem Solving
A. Human Ability Human Ability atau dalam Bahasa Indonesia
adalah suatu kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu yang dimilikinya. Human
Ability (kemampuan manusia) ini memiliki 2 perbedaan, perbedaannya yaitu :
HUMAN
ABILITIES BAIK
a. Kapasitas Long Term Memory (LTM)
tidak terbatas
b. Durasi LTM tidak terbatas dan
complex
c. Kemampuan memahami tinggi
d. Mekanisme konsentrasi powerful
e. Pengenalan pola pikir powerful
HUMAN ABILITIES BURUK w Kapasitas
Short Term Memory (STM) terbatas w Durasi STM terbatas w Akses yang tidak dapat
diandalkan pada STM w Proses yang cenderung salah w Proses yang lambat
B. Human Capabilities
Pengertian
Human Capabilities hampir sama dengan Human Ability tetapi Human Capabilities
lebih mengarah ke anggota Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba)
pada manusia itu sendiri.
ü Mata
Mata adalah suatu panca indera yang berfungsi untuk
melihat dan didalam panca indera mata ini terdapat dua tahap konsep
penglihatan. Konsep penglihatan pada manusia terdiri dari dua tahap yaitu :
a. Penerimaan stimulus dari luar secara
fisik
b. Pemrosesan serta interpretasi dari
stimulus tersebut Telinga
ü Telinga
Telinga adalah suatu panca indera yang digunakan untuk
mendengar. Sistem yang terdapat pada telinga yaitu system auditory yang
memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar.
Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan memperkirakan kemana objek
tersebut akan berpindah.
Pemrosesan suara Suara memiliki beberapa
karakteristik, yaitu :
o
Pitch : frekuensi
suara (20 – 20.000 HZ)
o
Loudness :
amplitudo suara (30 – 100dB)
o
Timbre :
tipe atau jenis suara Sistem auditory melakukan filtering suara kita
mengabaikan suara background dan berkonsentrasi pada informasi yang penting.
ü Peraba
Peraba adalah suatu panca indera yang berfungsi untuk
melakukan sentuhan. Manusia menerima stimuli melalui kulit. Kulit memiliki tiga
jenis sensor penerima (sensory receptor), yaitu :
a. w Thermoceptor =merespon panas /
dingin
b. w Nociceptor =merespon pada tekanan
yang intens, rasa sakit
c. w Mechanoceptor = merespon pada
tekanan Pada komputer keyboard bisa dikaitkan dengan posisi-posisi bentuk
tombol, juga pengoperasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau malah
terlalu ringan.
C. Memory
Memori adalah suatu tempat atau wadah untuk menyimpan
data atau informasi. Memori juga dapat menyimpan pengetahuan faktual dan
pengetahuan prosedural. Ada 4 type Memori yaitu:
1. Perceptual Buffer (Memori Sensor)
a. Terbatas kapasitasnya.
b. Informasi yang masuk melalui indera
tidak semua dapat diproses.
2. Short Term Memory (STM)
a. Memori kerja menyimpan informasi
yang dibutuhkan dalam waktu yang singkat / sementara pada saat kita sedang
melakukan pekerjaan.
b. Dapat diakses dengan cepat, namun
berkurang secara cepat pula
c. Metode digunakan untuk mengukur kapasitas,
yaitu berdasarkan :
ü Panjang suatu deret (sequence) yang
dapat diingat secara terurut.
ü Kemampuan mengingat kembali
item-item secara acak.
3. Intermediate Menyimpan untuk ke LTM
4. Long Term Memory (LTM), Terdapat dua
jenis LTM :
a. Memori Episodik : menyimpan “data”
kejadian atau pengalaman dam bentuk serial menurut waktu.
b. Memori Semantik : menyimpan
record-record fakta, konsep, keahliaan (skills) serta informasi lain yang
diperoleh selama hidup dengan terstruktur.
D. Observations
Orang lebih
fokus untuk menyelesaikan masalah, tidak untuk belajar menggunakan suatu sistem
secara efektif. Orang menggunakan perbandingan jika tidak ada penyelesaian.
Orang lebih kepada heuristic daripada algorithmic
a. Lebih mencoba coba-coba daripada
pemikiran matang
b. Orang lebih memilih sub-strategi untuk
masalah yang tidak terlalu penting.
c. Orang belajar strategi lebih baik
dengan latihan
E. Problem Solving
Problem
Solving atau yang biasa kita kenal Penyelesaian masalah, penyelesaian masalah
pada IMK ini setelah penyimpanan di LTM, kemudian diaplikasikan. Penalaran
(Reasoning) : proses pengambilan kesimpulan mengenai sesuatu atau hal baru
dengan pengetahuan yang dimiliki oleh manusia.
Daftar Pustaka
http://arraghma.blogspot.com/2012/10/prinsip-usability.html
Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
Daftar Pustaka
http://arraghma.blogspot.com/2012/10/prinsip-usability.html
Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
0 komentar:
Posting Komentar